Proses Pembentukan Granite

Tahukah kamu, bahwa batu granit merupakan batuan yang berasal dari alam. Tepatnya, granit terbentuk dari proses pembekuan magma yang berlangsung secara bertahap dan perlahan di dalam bumi. Batu ini umum ditemukan di kerak benua Bumi, di mana ia ditemukan dalam intrusi batuan beku. Ukurannya beragam, mulai dari tanggul yang hanya beberapa sentimeter hingga batholit yang terpapar lebih dari ratusan kilometer persegi.

Granit terbentuk ketika magma kental (tebal atau lengket) perlahan mendingin dan mengkristal jauh sebelum dapat mencapai ke permukaan bumi dan tergolong dalam batuan plutonik.[3]  (Wikipedia).

Proses pembuatan granit sebagai berikut :

  1. Proses pembentukan batuan granit diawali dari bergeraknya magma dari dapur magma
  2. Setelah itu magma mendapat tekanan dari bawah. Magma yang bersifat lebih ringan dari batuan lain terus ditekan sehingga bergerak ke atas mendekati permukaan bumi.Pergerakan magma terhenti hanya sampai di bawah lapisan tanah karena tekanan yang diberikan terlalu kecil.
  3. Magma yang berada di dalam lapisan kulit bumi lama kelamaan mengalami proses kristalisasi karena suhu di dekat permukaan bumi lebih rendah daripada suhu di dalam dapur magma.
  4. Setelah mengalami proses kristalisasi, maka magma akan membeku dan menjadi batuan granit yang termasuk dalam jenis batuan beku.

[Beberapa pegunungan batuan granit]

Batuan granit tersebar luas di seluruh kerak benua. Sebagian besar batuan ini terintrusi selama zaman Prakambrium; batuan ini merupakan batuan dasar yang paling melimpah yang mendasari lapisan sedimen yang relatif tipis di benua-benua.

Cara mendapatkan batuan alam ini adalah dengan menambang bongkahan batu besar kemudian dipotong-potong menjadi bentuk lempengan persegi panjang. Dengan demikian, bongkahan batu tersebut lebih mudah untuk dikelola.

Dari bongkahan batu, kemudia pabrik akan memotong bongkahan batu tersebut menjadi blok batu. Selanjutnya dipotong – potong lagi menjadi lempengan serta dipotong juga tepinya. Setelah itu lempengan tersebut dipoles untuk menghilangkan goresan dan membuat lebih berkilau. Setelah itu lalu dipanaskan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top